Wisata Kuta Mandalika

Kuta Mandalika kini Merupakan Kawasan Ekonomi Khusus yang di Tetapkan Presiden Jokowi sebagai salah satu daerah tujuan wisata bertitel Bali baru selain Labuan bajo, jogyakarta, karimun jawa, dabau toba,  manado. Dan menjadi daerah tujuan no 1 di lombok.

Kenapa namanya Kuta Mandalika?

Seperti dikutip dari beberapa sumber sejarah Lombok Kuta Mandalika di ambil dari kisah seorang putri bernama putri mandalika. Dia adlalah Raja Tonjang beru dan ratu bernama Dewi seranting. Putri ini berparas cantik dan membuat Pangeran pangeran baik dari kerajaan yang ada di lombok dan kerajaan di luar lombok berlomba lomba datang untuk meminangnya.

 

Suatu ketika, Di kisahkan para pangeran dari seluruh negri berdatangan untuk melamar dan menghadap Ayah putri mandalika berniat untuk mempersuntingnya, Sehingga membuat Putri Mandalika sedih dan binggung karna jika melih salah satu akan membuat pengeran tersebut sedih dan kecewa. Akhirnya Raja memutuskan membuat sayambara di pantai seger lombok dan siapa pemenangnya akan mempersunting Putri Mandalika, akan tetapi sayambara itu tidak memenangkan satu pun sehingga terjadi perdebatan dan perkelahian antar para pangeran pangeran tersebut, Hingga kesedihkan punti mandalikapun memuncak karna jika dia melilih satu satu dari para pangeran akan terjadi perang di tanah lombok dan akan mengsengsarakan rakyatnya dan dia memutuskan menceburkan diri ke laut dan di hanyut oleh gelombang laut, Dan di percaya oleh suku sasak putri mandalika telah menjadi Cacing Laut yang kini di kenal dengan Nyale yaitu cacing yang berwarna warni. 

 

Oleh sebab itu, Masyarakat suku sasak mengadakan Upacara Bau nyale setiap tahun tepatnya pada bulan februari- Maret merayakan setiap Tahun di pantai seger dan mempercayai adalah jelmaan putri mandalika dengan menangkap nyale sebagai makanan di waktu menjelang pagi beramai ramai.

 

Event bau nyale ini juga sudah di tetapkan oleh dinas pariwisata dan pemerintah masuk kedalam kalender event nasional dimana dapat di rayakan dan di saksikan oleh para wisatawan lokal maupun internasional setiap tahunnya. 

Dimana Lokasi Kuta Mandalika

Kuta mandalika berada di desa kuta kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Letaknya Tepat di Kawasan Kek Mandalika(Kawasan Ekonomi Khusus) Yang di nobatkan sebagai Bali kedua oleh Presiden Indonesia Bapak Joko widodo. Pantai ini memiliki ciri khas yang tidak bisa ditemukan di pantai lain dengan pasir putih dan bertektur seperti merica serta lautnya yang biru.

Akses Menuju kawasan kuta mandalika hanya menempuh waktu sekitar 30 menit dari bandara internasional Lombok. Tidak ada Transportasi umum menuju kawasan ini jadi disarankan untuk menyewa mobil atau motor.

Tempat Wisata Terkenal Di Kuta Mandalika

Di kawasan wisata Mandalika ini Banyak sekali di kelilingi oleh pantai dan bukit yang juga menjadi objek wisata yangwajib dikunjungi meliputi :

 

1. Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika di bangun pada tahun 2019 Indonesia Tourism Development Corporation mendapat sertifikat Hak Pengelolaan Lahan pada tahun 2016. Lokasi Sirkuit Mandalika tepat di tengah tengah bukita seger dan bukit merese, di pinggir pantai tanjung Aan, pantai seger dan dekat dari pantai kuta mandalika. Pada awal lintasan Balapan sirkuit ini selesai di bulan mei 2021, sirkuit mandalika langsung menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Superbike putaran Indonesia pada bulan november 2021. Dan pada bulan maret 2021 utk pertama kali juga mengelar Kejuaraan MOTOGP putaran seri ke dua yang saat itu di menangkan oleh miguel olivera pembalap asal spanyol. Sirkuit mandalika kini akan mengelar perhelatan balap dunia setaip tahun.

Sepanjang Event tidak di gelar di sirkuit mandalika, kini kawasan ini tetap menjadi pilihan terutama wisatawan lokal untuk berfoto ria di kawasan sirkut karna di lokasi ini banyak terdapat foto yang sayang untuk di lewatkan. Dan bagi wisatatawan ingin masuk ke dalam sirkuit kini pihak ITDC telah menyediakan tiket masuk yang bisa di beli secara online melaui Explorin. Tiket yang di sediakan kita ada 3 jenis tiket yaitu tiket side walk pada waktu pagi dan sore hari seharga Rp 200.000/ orang dan tiket sepeda di lintasan sirkuit kuta seharga Rp 200.000/ orang dan tiket balon udara seharga Rp 150.000 sekitar 15 menit/orang.

2. Bukit Merese

Bukit Merese sudah sangat populer bagi wisatawan lokal maupun asing, karna tempat ini masih berada dalam kawasan kuta mandalika, dan sangat dekat dari pantai tanjung Aan lombok. Bukit merese sangat di minati oleh wisatawan karna dari tempat ini kita bisa berfoto dengan panorama laut samudera biru dari atas bukit, kadang jika beruntung kita akan di suguhkan pemandangan oleh grombolan sapi dan kerbau yang sangat menarik sebagai background foto kita. Waktu Terbaikke bukit merese adalah saat sunrise atau sunset. Untuk masuk kekawasan ini akan di punggut biaya masuk sebesar Rp 5000/motor dan Rp 10.000/ mobil.

3. Bukit Seger

Bukit seger tidak berbeda dengan bukit merese menghadirkan view laut dari atas bukit juga, Namun wisatawan dari bukit ini dapat melihat langsung sirkuit mandalika dan tak kalah pentingnya adalah bukit ini juga masih dalam satu kwawasan dengan pantai seger di mana dalam legenda suku sasak lombok di pantai inilah putri mandalika menyeburkan dirinya kelaut dan menjelma menjadi nyale atau cacing laut yang berwarna warni dan yang hanya dapat di temui setiap tahunnya dalam perayaan pesta rakyat yang dikenal dengan Bau nyale. Untuk masuk kekawasan ini akan di punggut biaya masuk sebesar Rp 5000/motor dan Rp 10.000/ mobil. dan membayar Rp.5000/orang untuk naik ke atas bukit seger.

4. Desa Wisata Sade dan Ende

Desa Sade dan Ende adalah sebuah desa yang mengajak kita untuk berwisata ke jaman suku sasak tempo dulu. Desa ini tidak terlalu jauh dari kawsan kuta mandalika dapat di tempuh dalam waktu 30 menit. Seperti di ceritakan sebelumnya di desa ini akan di ajak bagaimana cerita sakral suku sasak, menampilkan icon icon rumah adat, melihat langsung kehidupan masyarakat di jaman lampau. Desa ini sudah di nobatkan sebagai tempat wisata peninggalan budaya oleh pemerintah dan di kelola oleh masyarakat asli suku sade dan ende. Untuk masuk ke desa ini akan di punggut biaya masuk namun hanya mengisi buku tamu dan donasi seiklasx dan guide lokal di desa ini akan menemani untuk berkeliling kampung ini. 

5. Pantai Tanjung Aan

kuta mandalika

Lokasi pantai ini masih dalam kawasan kuta mandalika, dan pantai ini juga merupakan akses untuk naik ke bukit merese. Pantai ini tergolong pantai yang indah yang tidak kalah dengan pantai yang berada di sekitar kawasan Kek Kuta mandalika.

6. Pantai Mawun

kuta mandalika

jika ingin ke Pantai mawun berarti kita harus bergeser sekitar 6 kilometer atau menempuh sekitar 25 meit via motor atau mobil ke arah utara dari kawasan kuta mandalika. Tempat ini adalah tempat yang saat tepat untuk berenang & selancar yang indah. jika hanya sekedar bersantai menikmati suasana pantai bisa dengan menyewa kursi untuk bersantai melihat laut dan pemandangan bukit yang menggelilingi pantai ini.

7. Pantai Selong Belanak

kuta mandalika

Pantai Selong belanak tidak berbeda dengan pantai yang masih berada dalam kawasan kuta mandalika dapat menempuh waktu sekitar 30 menit via motor/mobil. Pantai berpasir putih dengan hanparan bentang pantai yang luas, di kelilingi bukit bukit namun perbedaan yang paling menonjol adalah pantai ini memiliki ombak dan surganya peselancar, Di pinggir pantai berjejer warung dan konter konter penyewaan papan suring atau klas surfing pemula dan kursi kursi yang bisa di sewa untuk bersantai duduk menikmati indahnya pantai dan pegunungan di sekitarnya. Waktu terbaik berkunjung kepantai ini adalah sore hari menjelang sunset.

Nah, gimana? Akah sudah siap datang ke lombok. dan  pastiin ya kalo bersiap berwisata pastikan sudah vaksin level 3 dan vaksin boster, biar orang-orang sekitar terlindungi dan herd immunity, Slalu patuh protokol lesehatan memakai masker dan membawa handysanitizer. Jangan lupa follow akun Instagram, Twitter @lombok private trip, Facebook @sewa mobil lombok, dan kunjungi juga website www.lombokprivatetrip.com dan temukan paket tour lombok menarik lainnya di Traveloka dan Tiket.com

Share post :

Facebook
Twitter
LinkedIn